Wednesday, April 13, 2011

Solusi Komputer : HP BIOS Application Error, Instalasi Windows tidak bisa Berjalan.



Memang benar sekali pribahasa yang mengatakan " Experience is the best teacher ". Berawal dari kesalahan kecil namun berakibat sangat fatal. 2 Masalah Besar baru saja saya alami pada Netbook yang akan saya reinstall yaitu :

  1. HP BIOS Application Error, sehingga tidak bisa Initialize System Information. Pesan Error yang mucul seperti ini : "The HP BIOS application selected is corrupt or missing. Please install the application and try again. BIOS application error (501) ENTER - continue. For more information, please visit: www.hp.com/go/techcenter/startup."
    Untuk yang mengatasi masalah ini, kemungkinan partisi UEFI telah terhapus. coba dulu masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F10 pada waktu booting, cari key  QUICKWEB or QUICKLOOK lalu pilih disabled. Jika ingin mengembalikan partisi tersebut, ikuti petunjuk dna langkah2 dibawah ini.
  2. Setelah loading files, Windows tidak bisa membuat sistem partisi dimana file Windows akan diinstall, ditandai munculnya pesan error " Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition". Sehingga proses instalasi tidak bisa dilanjutkan.
Hal ini saya alami saat hendak menginstall ulang sistem operasi Windows 7 Ultimate pada Netbook HP Mini 110-3500 yang crash karena terinfeksi virus.
Sebelum menginstall, file-file instalasi Windows 7 tersebut saya masukan ke dalam flashdisk karena memang jenis Netbook tidak memiliki CD/DVD yang mengharuskan kita menggunakan media seperti flashdisk/DVD external untuk menginstall Windows pada Netbook. Awalnya proses berjalan lancar, BIOS pada mainboard sudah saya setting untuk boot pertama dari USB-HDD. Namun masalah terjadi ketika akan memilih drive yang akan digunakan untuk menyimpan file dimana Windows akan di install (Drive C:), Windows tidak bisa membuat sistem partisi. Akhirnya eksperimen berujung petaka saya lakukan, yaitu memformat seluruh drive yang ada termasuk drive HP_TOOLS yang merupakan drive UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) milik Hewlett-Packard (HP) yang seharusnya tidak boleh dihapus apalagi diformat, sehingga jika di tekan tombol F2 pada saat start, Aplikasi BIOS tidak bisa dibuka dan mucul pesan error seperti diatas.


Akhirnya setelah browsing kesana kemari, saya dapatkan cara yang lumayan gampang tapi ribet. Ada banyak hal yang dibutuhkan seperti :
1. DVD External, bisa pinjam kepada teman anda jika anda tidak memilikinya. :)


2. Firmware dan Software Utility yang harus anda download pada situs vendor HP (http://www8.hp.com/us/en/support-drivers.html). Pada Link tersebut silahkan klik Drivers and Softwares lalu masukan tipe Netbook Anda (eg. HP Mini 110-3500). Pilih tipe yang cocok dengan milik anda pada. Setelah muncul page selanjutnya, pilih Sistem Operasi yang akan anda gunakan lalu Next. Maka akan ditampilkan beberapa driver dan software yang sesuai dengan netbook anda. Perhatikan gambar di bawah ini (klik untuk memperbesar).




Klik pada menu Diagnostic, maka akan tampil HP System Diagnistic yang harus anda download.


3.  Hireen's Boot CD (HBCD) untuk membuka file instalasi Windows yang sudah di copy pada harddisk namun tidak bisa diakses/dibuka dengan mode GUI (Graphical User Interface). Anda bisa download  di : http://www.hirensbootcd.org/download/


4. Flashdisk 2 buah masing-masing 1 GB dan 4 GB


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan file instalasi Windows pada flashdisk 4 GB (tutorial silahkan lihat disini). Siapkan file HP UEFI yang telah anda download lalu dimasukan ke flashdisk 1GB, caranya adalah jalankan aplikasi tersebut pada komputer yang normal. jika ada pesan pilihan untuk menginstal di hardisk atau flashdisk maka pilih flashdisk, setelah selesai flashdisk 1 Gb anda akan bernama HP_TOOLS berisi setting BIOS UEFI HP.
Lanjut.... booting komputer menggunakan DVDR lalu jalankan MiniXP. masukan flashdisk 1 GB tadi, lalu dengan tool PARTITIONWIZARD yang ada pada Hiren Boot CD, buatlah partisi logical dengan mengalokasikan size 1 GB gunakan file system FAT32 lalu beri nama drive tersebut dengan HP_TOOLS, copy semua isi flashdisk tadi ke dalam drive ini lalu restart.
booting melalui flashdisk 4 gb untuk mengcopy file instalasi, setelah selesai di restart lagi dengan booting menggunakan HBCD. pilih menu Windows 7 [BOOTMGR] pada command prompt (layar hitam yang muncul) lalu lakukan instalasi seperti biasa. Mudah-mudahan bermanfaat, jika ada hal yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar.


Catatan tambahan :
versi terbaru HBCD mendukung untuk booting melalui flashdisk, tutorial cara membuat HBCD dari flashdisk silahkan baca disini

135 comments:

  1. Permisi bro...
    Kebetulan gw punya masalah yg sama nich...

    mau nanya...

    "booting komputer menggunakan DVDR lalu jalankan MiniXP. masukan flashdisk 1 GB tadi, lalu dengan tool PARTITIONWIZARD yang ada pada Hiren Boot CD, buatlah partisi logical dengan mengalokasikan size 1 GB gunakan file system FAT32 lalu beri nama drive tersebut dengan HP_TOOLS, copy semua isi flashdisk tadi ke dalam drive ini lalu restart."

    Semua cara/langkah itu dilakuin di komputer yg error ato yg normal??
    Btw,komputer (notebook HP) punyaku yg error itu ga bisa masuk ke windows... Pas nyala cuma muncul logo HP abis itu muncul layar hitam...
    Masuknya cuma bisa ke menu BIOS...
    Gmna itu y???

    ReplyDelete
  2. Di laptop HP yang error lah,.
    sbenernya cara tsb dilakukan itu satu2 nya cara untuk me-manage harddisk tanpa melepas nya dri laptop.
    booting dgn hiren boot CD trus pake MiniXP + tool PartitionWizard di dalamnya berfungsi untuk bikin partisi baru buat UEFI nya.
    Untuk partisi UEFI HP harus di kasih label HP_TOOLS.

    oiya ada pesen yg muncul ga stelah muncul logo HPnya?

    gini aja, coba test booting dari HDD trus teken F2 pas muncul logo HP nya. klo bisa masuk ke HP Diagnostic System, brati ga da mslah sma drive UEFI tp pada Windows nya jd ga perlu ngelakuin hal di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. netbook saya tipe hp mini 210-1014tu...yang jadi masalah adalah layarnya gk keluar gambar apapun..kipas sh nyala dan lampu indikator juga nyala...udah coba di bongkar bersihin semuanya ttp gk nyala..coba googling ke sana sini katanya biosnya eror...katanya kan klo proses flashing udh kelar netbooknya bkl mati sendiri,itu berapa lama proses flashnya,soalnya ini udh berjam-jam gk kelar-kelar

      Delete
    2. Stelah nampak Hp diagnostic system apa yg harus sy lakukan slanjutnya krn muncul
      F1
      F2
      F3
      F4

      Delete
    3. Hallo boss. Mau nanya ni di notebook hp mini aku. Disistem biosnya tdak ada pilihan sistem boot. Maksud sy. Tdk ada menu pilihan uefi atau legasj. Dan menu system configuration tdk lengkap. Mohon soslusinya

      Delete
  3. setelah muncul logo HPny, punyaku langsung muncul lyar hitam doank, tanpa ada tulisan apa2...

    Waktu aku booting biasa tyuz tekan F2 muncul tulisan yg kaya di atas :
    "HP BIOS Application Error, sehingga tidak bisa Initialize System Information. Pesan Error yang mucul seperti ini : "The HP BIOS application selected is corrupt or missing. Please install the application and try again. BIOS application error (501) ENTER - continue. For more information, please visit: www.hp.com/go/techcenter/startup."

    Tyuz klo aku booting pake FD tyuz tekan F2 langsung masuk ke HP diagnostic System..
    Klo gitu brarti seperti yg kau bilang : "Windowsny khan yg bermasalah..."
    Tyuz kalo Windowsny yg bermasalah, gw harus lakuin apa donk???

    ReplyDelete
  4. bukan windows nya tp emang partisi UEFI HP nya yg bermasalah..
    klo sytem booting komp lama kya gini :
    Hardware(Power ON) -> Firmware(BIOS) ->OS (Windows)
    Nah, klo sistm UEFI :
    Hardware(Power ON) -> Firmware(BIOS) ->UEFI -> OS (Windows). jd klo UEFI nya error, maka ga bisa lanjut untuk ke proses slanjutnya yaitu me-loading file sistem (Windows).

    klo bole tau HP nya tipe apa tuh? Mini, Compaq or... kasih spesifikasi lengkapnya, tar sya bantu cari firmware nya..

    Klo mau nginstall windows, sya sarankan pake Windows 7.. krn udah berbasis GUI (Graphical User Interface) jd gampang kliatan klo ada error nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mau nanya gan hp saya notebook hp probook 4310s.pas lg shutdown sudah mati smua,kan saya tutup.nah tiba" nyala sendiri kipas nya.pas saya buka lg trus keluar tulisan bios error 501 gtu.itu solusi gmn gan??
      Trimakasih sebelum nya

      Delete
    2. Maslh yg sama boss. Sy tipe hp mini 110 tidak muncul pilihan uefi atau legasi di menu system confogurationya.

      Delete
    3. Bang saya ada hp elitepad 900 mau instal ulang tapi flashdisk bootable nya gk terbaca??

      Delete
  5. Punyaku HP Mini 110-3500...
    Cuma aku ga punya CD installer Windows 7nya...
    Adany cuma yg di FD...
    Nah waktu ku coba booting via FD bsa masuk... Tp pas masuk ke bagian buat install windowsny ku ga bisa lanjut.. Ga tahu bingung juga koq ga bsa di install...
    Apa Installer Windows ku yg dari FD itu salah y???

    ReplyDelete
  6. coba baca postingan saya sbelumnya untuk panduan instalasi Windows dengan USB Disk..
    http://arisscoot.blogspot.com/2010/12/cara-menginstall-windows-dengan-usb.html

    udah sempet ngeformat partisi nya belum?

    ReplyDelete
  7. Format partisi itu gman bro caranya...

    Tyuz, q mau nanya bberapa hal lagi...
    1. "booting komputer menggunakan DVDR lalu jalankan MiniXP."
    Itu berarti harus punya DVD windows installer + DVD externalny y?? Punyaku ga ada DVD windows installer soalny.. Adanya cuma dari flash disk... Tyuz yg d'suruh jalankan MiniXP itu mkasudnya apa y bro???

    2. Pada postinganmu tentang panduan instalasi windows dgn USB Disk ada tulisan gini :
    "Setelah muncul Opsi Booting (ada 2 opsi), pertama pilih opsi "1st, text mode setup (Boot from.…) lalu tekan tombol ENTER, maka akan masuk ke Setup Windows seperti menggunakan CD. Ikuti instruksi selanjutnya (semua pake bahasa inggris, jadi minimal anda harus ngerti maksud dari kalimat yang terpampang di monitor anda selama proses instalasi..). tunggu sampai proses pengcopian selesai dan komputer restart.
    Setelah komputer restart, maka akan kembali mucul menu seperti tadi (ada 2 opsi), tapi kali ini pilih opsi yang ke dua yaitu "2nd, GUI mode setup. Continue setup + first start of Windows". Selanjutnya proses instalasi akan berjalan kembali, ikuti instruksi instalasi slanjutnya dan setelah restart, kembalikan lagi Menu First Boot pada BIOS menjadi harddisk. sekarang cabut flash disk, restart dan jalankan komputer seperti biasa."

    Aku ga nemuin 2 opsi itu.. Opsi itu munculny kapan y?? Soalny pas abis setting BIOS (First BIOS jadiny USB HDD) tyuz aku restart... Waktu masuk langsung ke bagian buat nginstall windows... GA ada pilihan 2 opsi itu bro...

    Sorry banyak nanya.. :)

    ReplyDelete
  8. Sebelum melakukan proses instalasi pasti ada pilihan untuk format partisi/drive nya, yakni menentukan file system apa yang akan digunakan pada partisi yang nantinya akan diakai untuk menginstall. Ada beberapa tipe file system yaitu FAT, FAT32 dan NTFS. Tapi yang dipakai untuk Windows XP, Vista ataupun 7 sudah menggunakan NTFS (New Technology File System), bisa dibaca di Wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/NTFS).

    Namun perlu diperhatikan, jika belum memahami hal tersebut, lebih baik tanyakan pada orang yang lebih mengerti karena salah dalam memformat akan berakibat fatal, tidak hanya kehilangan data yang ada di harddisk namun ada kemungkinan harddisk tidak terbaca oleh BIOS.

    1. MiniXP adalah Windows XP mini yang sudah terintegrasi / ada dalam Hiren’s Boot CD. Klo belum punya Hiren Boot CD, dowload dulu..link nya udah saya kasih kan di postingan ini. Klo ga punya CD, jalankan Hiren dengan Falshdisk (http://arisscoot.blogspot.com/2011/04/cara-membuat-bootable-hbcd-pada.html)

    2. Jelas saja tidak muncul, sebelumnya di postingan saya kan sudah ditulis itu opsi booting jika kita masukan File Instalasi WindowsXP ke flashdisk bukan Windows Vista atau 7. Kalau Windows 7, setelah proses pengcopyan file selesai dan tidak bisa lanjut ke proses instalasi, diatandai dengan muncul pesan “Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition”, maka proses Instalasi dilanjutkan dengan menggunakan Hiren (yang pake CD or Flashdisk sama saja). Setelah booting dari flasdisk Hiren, maka akan muncul menu pada comand promt/CMD/tampilan DOS yang warna item. Pilih "Windows 7 [BOOTMGR]", maka proses instalasi hanya melanjutkan saja setelah sebelumnya sudah dicopy tapi tidak bisa dilanjutkan.

    ReplyDelete
  9. Thanks bro,, akhirnya bisa masuk ke miniXP...
    Skarang yg jadi masalahku adalah pada waktu mw partisi... Aku udah masuk ke partitionwizard...
    Mau nanya drive yg ku partisi apa ya??
    Yg C: y??
    tyuz brarti itu harus di back up dulu donk datanya??? soalny smua dataku masih ada di notebook yg error...

    Tyuz mengenai kalimat ini ni :
    "...buatlah partisi logical dengan mengalokasikan size 1 GB gunakan file system FAT32 lalu beri nama drive tersebut dengan HP_TOOLS, copy semua isi flashdisk tadi ke dalam drive ini lalu restart."
    tolong jelaskan lebih jelas donk bro... Kurang ngerti aku... Di applikasi PARTITIONWIZARD itu aku pilih pilihan apa buat ngelakuin perintah itu??? move/resize, merge ato format???

    Thank you.. :)

    ReplyDelete
  10. sip deh klo gitu...
    oia, coba u disable saja QUICKLOOK pada BIOS, teken F10 waktu booting.siapa tau brhasildan masalahnya selesai, tapi klo blum bisa juga baru deh u lakuin cara kya gini.

    oke..gini bro, di PC u kan ada drive C dan D atau bahkan lebih...
    pilih drive yang PALING BAWAH di drive list yang ada di jendela partitionwizard (misal D,E,atau setelahnya) krn itu bkan primary drive seperti drive C, melainkan logical drive.
    klik/ tunjuk drive nya lalu RESIZE/turunkan ukurannya dari size semula,.sampai nilai Unallocated Space After nya +/- 1200 MB.
    nah setelah itu, klik pada drive "Unallocated" pilih CREATE/bikin lagi partisi dari 1200 MB tsb, pilih file system nya Create AS : FAT32 lalu beri label/nama HP_TOOLS. Klik APPLY pada partitionwizard nya. klo udah slesai baru deh, u copy isi flashdisk ke dalam drive tsb.
    untuk testing nya, restart konputer lalu tekan F2. kalu bisa masuk ke HP SYSTEM DIAGNOSTIC, brati brhasil.

    Saya sarankan kalau Windows tidak bisa start lagi mending install ulang aja, selamatkan data di My Documents, dengan MiniXP u buka root C:\Documents and Settings\User\My Documents\. pindahkan semua ke drive D.
    setelah itu, partisi tsb bisa u format dgn file system NTFS menggunakan partition wizard.
    sekarang baru deh install windows 7 nya...

    booting melalui flashdisk 4 gb yang berisi Windows 7 untuk mengcopy file instalasi,lanjutkan instalasi seperti biasa. jika pada proses tsb mndapat masalah waktu memilih drive (drive C) dan muncul pesan "Setup was unable to create system partition......", di restart lagi tapi dengan booting menggunakan HBCD. pilih menu Windows 7 [BOOTMGR](ini adalah Windows 7 yang belum selesai di install) pada command prompt (layar hitam yang muncul) lalu lakukan instalasi seperti biasa.

    ReplyDelete
  11. Ok bro... Akhirnya bsa masuk juga ke Windows ku tnpa hrus install ulang...
    Makasih udah membantu...
    :)

    ReplyDelete
  12. Gan gak ada cara yang lebih simpel lg yach..buat mengatasi bios application error (501) ,agar gak di format ulang..?? So notebook Hp mini 110-3500 qu jg mengalami hal yang sama,saat booting gak mau ke windows,,>?

    ReplyDelete
  13. coba disable dulu QUICKWEB/QUICKLOOK pada bios nya, mudah2an berhasil..caranya tekan F10 pada saat netbook mau dihidupkan untuk masuk ke bios nya, cari key quickweb tsb lalu disable.
    klo masih ga bisa ya pake cara yang agak ribet sprt di atas..

    ReplyDelete
  14. Nanya..."Lanjut.... booting komputer menggunakan DVDR lalu jalankan MiniXP." MiniXP yang mana ya?

    ReplyDelete
  15. MAksudnya jalanin Booting pake Hiren Boot CD soalnya MiniXP ada di dalam Hiren Boot CD..klo komputer km di booting lewat hiren boot cd, tar muncul menu sebelum start up. pilih aja miniXP.
    Kenapa harus miniXP? karena satu2 nya software yang bisa membuka isi Netbook HP dengan tampilan WindowsXP dalam kondisi ini ya cuma MiniXP dan membuat kita lebih gampang untuk membuat partisi UEFI HP_TOOLS nya.. MiniXP itu sama seperti WindowsXP, tapi ukurannya jauh lebih kecil, pas di jalanin jg dia ga make drive C untuk meletakkan file instalasinya tapi di RAM.

    ReplyDelete
  16. bisa buat install windowsxp jg kan?

    ReplyDelete
  17. blum prnah dicoba sih..mdah2n bisa!
    untuk cara instalasi Windows pake flashdisk silahkan ikuti tutorial pada postingan saya sebelumnya yg blan Des 2010(klo blm tau aja, klo udah tau ya ga perlu diliat).

    http://arisscoot.blogspot.com/2010/12/cara-menginstall-windows-dengan-usb.html

    ReplyDelete
  18. tau caranya mengembalikan flash yang unlocated size gag kag?

    ReplyDelete
  19. vionetta : coba klik kanan pada drive flasdisk nya, lalu pilih Format. pilih file system nya FAT32 dan conteng pada "Quick Format". Lalu klik tmbol FORMAT. Coba dulu cara tsb. Jika tidak berhasil, maka harus menggunakan disk management atau sofwer pembuat partisi seperti Norton Partition Magic.

    ReplyDelete
  20. bro tolong di jelaskan :
    1. di atas di jelaskan bahwa ada seror : "The HP BIOS application selected is corrupt or missing. Please install the application and try again. BIOS application error (501) ENTER - continue. For more information, please visit: www.hp.com/go/techcenter/startup ", ini berarti tidak bisa setup bios kan?
    2. trus di bawah di suruh booting dengan hiren bootcd untuk membuat partisi UEFI

    pertanyaan saya : bagaimana saya bisa setting booting sequence (untuk menentukan booting dari CD) jika setup biosnya sendiri tidak bisa di buka?
    terima kasih

    ReplyDelete
  21. @ mas bro banu :
    begini mas banu, untuk membuka main BIOS pada laptop HP adalah dengan menekan F10..pasti kbuka.
    yang ga bisa itu aplikasi BIOS dari HP sendiri yang setting nya tersimpan pada partisi UEFI sehingga sangat riskan sekali terjadi kerusakan, klo dari pembuat BIOS motherboard nya sih setting nya disimpen di chip/IC yang ada di motherboarnya..sehingga masih bisa kita akses dengan tombol F10.
    klo msih kurang jelas, silahkan add fesbuk saya..ada nomor kontak yg bisa dihubungi

    ReplyDelete
  22. mau tanya donk, aku punya masalah yang sama bios application error (501). aku coba masuk kebios buat nyari key quicklook/quickweb tapi ko ga ada ya? netbook aku HP mini 110-3505.thks

    ReplyDelete
  23. mas lokasinya dimana mas
    kalo masih sekitaran bandung
    aq boleh datang ke rumah mas ga
    soalnya baca berapa kali masih bingung takut salah kalo praktek

    ReplyDelete
  24. hmm...stelah menekan F10 pda saat boot sequence, jika opsi "QUICKWEB/QUICKLOOK" tidak ada, cari opsi "INSTAN ON" lalu plih DISABLE saja. (sbenarnya sih cuma masalah bahasa yg digunakan saja yg beda, namun intinya mah sama saja).

    saya di bandar lampung, klo masih bingun silahkan add fesbuk aja..biar gampang! lagian ada nomor kontak saya jg kok

    ReplyDelete
  25. Mas, mau tanya.
    Kemaren aku coba2 partisi harddisk. Awalnya yang C itu sekitar 450 MB, saya coba sesuai di buku petunjuk. Tapi setelah hampir selesai, ada keterangan itu berbahaya gitu mas, saya cancel. Eh, ngga taunya kuota C hilang, setengahnya. Tapi H nya, gag bisa dibuka, karna dicancel tadi mungkin ya. Ada cara ngga mas, buat balikin ke C lagi? Tolong banget ya.. T.T

    ReplyDelete
  26. baik lah mas/mba ANONIM.
    sbenernya ga sesuai sma judul postingnya, tp akan saya coba jwab..
    sbenernya kuota nya bukan hilang, tp volume yg ada menjadi UNALLOCATED sehingga tdk terbaca oleh windows, untuk membuat partisi saya sarankan menggunakan Partition Magic (nyari di google bnyak kok), agar anda bisa melihat berapa besar unallocated size yang tersedia.
    Klo mau ngeformat harddisk,berikut hal yg harus diperhatikan tentang susunan partisinya :
    1. Drive C merupakan active primary drive, resize terhadap partisi ini haruslah mengambil unallocated volume (volume yg kosong) dari partisi after atau partisi logic atau partisi setelah C lah pokoknya. (seperti D atau E, dst). jangan sampai ada unallocated volume diatas C agar pada saat start, boot sector yang pertama kali dibaca adalah C, bukan volume yang sebelumnya.

    2. setelah drive C dibuat, buat extended partisi D atau E..bgitu sterusnya.

    intinya begini, perubahan size pada C tanpa memformat biasanya memang muncul peringatan sebelum proses resize dilakukan. hanya untuk memastikan bahwa anda mengerti apa yg anda lakukan, krn drive C memang drive yg sangat penting krn brisi operating system anda yang jika rusak maka akan kacau semua.

    ReplyDelete
  27. tanya donk, aku punya masalah yang sama error bios 501, dah coba pake cara diatas bikin partisi untuk HP_TOOLS dah dicopy juga filenya. tapi komputer tetep ga bisa masuk ke windows. tekan f2, pesan kesalahannya masih sama, bios application erorr 501. gimana nih ? thks

    ReplyDelete
  28. adin : coba dulu masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F10 pada waktu booting, cari key QUICKWEB or QUICKLOOK lalu pilih Disabled. mudah2n bisa masuk ke Windows nya lagi..tar gampang mengembalikan partisi UEFI nya lewat Windows aja...

    ReplyDelete
  29. quickweb/quicklooknya gw ada tuh. netbook aku hp mini 110-3550 tu, bios nya insydeH20 F.23

    ReplyDelete
  30. adin : owh klo gitu cari yg "INSTAN ON"

    ReplyDelete
  31. ahmad : sob w mau tanya nih. aku pake hp mini 110-3500 fersi bios f-14, tadinya aku mau instal ulang netbook, ketika aku mau masuk ke sistem bios aku tekan F2 tapi yang nongol"application selected is corrupt or missing. Please install the application and try again. BIOS application error (501) ENTER - continue. For more information, please visit: www.hp.com/go/techcenter/startup ", tolong di bantu ya sob. thanks

    ReplyDelete
  32. mas ahmad, masuk BIOS nya bkn pake F2 tp pake F10 bgitu..krn F2 digunakan untuk masuk ke System Diagnostic Application for BIOS yang disediakan oleh HP itu sendiri. klo mau seting First Boot nya pake seting BIOS motherboard aja, teken F10 buat masuk ke menu nya

    ReplyDelete
  33. Kang Ariez.... thanks buat postingan nich.. ku jg da problem yg sama.. Hp mini 110-3500, mski error ku msih bisa msuk ke windows..., langsung ku buat partisi sampe' beres trus restart... bisa masuk System Diagnostic tpi ku tkan f10 g' mw k_bios...,, apakah bios ku yg masalah atau tombol f10 dri keyboard netbook yg g' jlan.. krna sbelume ku coba' bu'at ngetik tombol.. k, blackspace,.. g' jalan....,, gimana nich... minta' pencerahan... terima kasih...,,

    ReplyDelete
  34. tanya mas, klau kasusnya di notbook advan gmn?
    g bisa instal di partisi C

    ReplyDelete
  35. yazz@tomy : kmungkinan tu keyboard na bermasalah, pny spupu gw jg kya gtu..akhirnya dibuka smua isinya kotoran..

    alif : wah ga tau tuh, coba di format dahulu partisi nya.. klo mau instal Windows 7,lbih baik jgn pke CD or USB, tp langsung instal dari windows yg ada di komp u..tinggal copy-paste aja file installer nya ke HDD abis tu jlanin, tar windows yg lama dikumpulin jdi satu di folder "Windows.old" di drive C.
    abis tu baru deh delete..

    mr_wigih : you're welcome

    ReplyDelete
  36. YANG DI COPY KE PARTISI YANG BARU DIBUAT ITU ISI HIREEN CD ATAU ISI DARI HP_TOOLNYA BROO??

    ReplyDelete
  37. SATU LAGI MELALUI PARTITION WIZARD KOK GAK BISA BUAT PARTISI BARU..

    ReplyDelete
  38. copy isi flashdisk (HP_TOOLS) yg brisi file2 BIOS UEFI HP ke dalam partisi baru(HP_TOOLS juga namanya) yg bru aja dibuat di harddisk.

    pastikan unallocated size nya msih ada, pst bisa kok dibuat partisi

    ReplyDelete
  39. Mas Bro ... HP mini (Seri 110-1118CA)saya tidak bisa masuk BIOS, yang muncul cuman logo HP dan tulisan Change Boot Device Order Bios Setup Options.

    saya dah coba menekan tombol-tombol tersebut Namun tidak ada respon. Kira - kira kesalahannya ada dimana ya .... binggung nih soalnya semua data kantor ada di netbook tersebut.
    Mohon Bantuannya, terima kasih.

    ReplyDelete
  40. ketukewi :
    wah..gelep jg saya klo tipe HP yg ntu..
    udah teken F10 kan? untuk masuk ke BIOS nya..tar ada pilihan first boot, pilih HDD..tu kyanya mslah di device pertama yg dibaca wkt booting..

    ReplyDelete
  41. Udah dicoba Mas Bro ...tapi semua tombol gak berfungsi / gak ada respon sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana mas/mba ketukewi, sdh sembuh hp mi i nya?...sy mengalami hal yg sama...gimana solusinya?...

      Delete
  42. wah ada kmugkinan itu mah keyboard nya yg error..coba anda mnt tlong sama tmen yg bisa bongkar netbuk..spa tau aja ada kabel yg lepas atau kotoran di bawah keyboard nya..
    maf mas saya hanya bisa memberi sdikit solusi untuk sofwer aja, klo hardware mah saya ga ngerti..hehe!

    ReplyDelete
  43. bro minta bantuannya, saya pake hp mini 2100-n450, pas mau instal win 7 hd c nya ke format nah udah itu lsg muncul windows boot manager trus ada status: 0xc000000f, info:the boot selection failed because a required device is inaccessible, ada jg pilihan enter=continue ma esc:exit tapi tetep ga mau install, dtunggu infonya bro tq

    ReplyDelete
  44. minion_plumb :
    kayanya urutan drive di hdd na kacau tuh..mnkn aja msalahnya ada di boot sector na..contohnya misal sbelum diinstal susunan drive nya C, D, E. padahal aslinya D,C, E..jd otomatis boot record nya ada di partisi D. jd klo u ngintall di C ya ga bakal kbaca tu windowsnya..soalnya yg dibaca pda saat prtama start kan drive yg brisi boot record nya (dlm hal ini drive D)
    solusinya coba atur kembali drive nya menggunakan hiren boot CD biar gampang(jlanin via flashdisk aja, krn tipe netbuk ini kan ga ada DVD nya) lihat tutor nya disini :
    http://arisscoot.blogspot.com/2011/04/cara-membuat-bootable-hbcd-pada.html

    setelah booting benggunakan hbcd, jalankan miniXP..lalu buka partition wizard..tar smua drive disusun ulang, mulai dari drive Primary(Active), sampai Logical drive nya hrus bener..recomended nya mnt tlong teman yg ngrti komputer buat format drive nya..n jgn lupa backup smua data sbelum diformat.
    susunan :
    1. Primary / active drive(drive C)
    2. Extended (drive D,E, dst)
    stelah itu instal windows nya..mdah2n brhasil ya..

    ReplyDelete
  45. garenk :
    masbro help me...
    kasu gw sm dengan hp mini lw tipe 110-3500 yaitu :
    HP BIOS Application Error, sehingga tidak bisa Initialize System Information. Pesan Error yang mucul seperti ini : "The HP BIOS application selected is corrupt or missing. Please install the application and try again. BIOS application error (501) ENTER - continue. For more information, please visit: www.hp.com/go/techcenter/startup."
    yang jadi masalah urutan drivenya jadi tidak tersusun,
    Drive D jadi instalan untuk windows nya,
    Drive C dan F sebagai data...
    bagaimana slusinya masbrow? klo gw instal dan sesuai langkah-langkah diatas di Drive D apakah akan bermasalah nantinya? apa memang harus di drive C untuk instal windowsnya?
    mohon dibantu...
    trims...

    ReplyDelete
  46. klo HP BIOS Application bisa di disable lewat BIOS mainboard dengan cara tken F10 untuk masuk ke setingan nya, cari aja key QUICKLOOK/QUICKWEB trus disable..mdah2n bisa msuk windows, tar gmpang buat partisi HP_TOOLS buat UEFI nya stelah bisa msuk windows..

    nah klo msalah susunan drive nya, ada baiknya di format ulang aja smuanya trus disusun ulang mlai dari primary-> extended-> logical drive.. jgn lupa pindahin smua data nya dulu, klo ga bisa ngbuka lewat windows, pake miniXP dari Hiren Boot CD aja..ada link nya di posting di atas..

    ReplyDelete
  47. GARENK_
    ok thanks masbrow..
    untuk windowsnya sudah kepalang ke format, jadinya gw mau iktin langkah2 diatas..
    untuk flasdiks yang digunakan klo dua2nya kapastasnya sama 4 GB tidak apa2 kah?

    ReplyDelete
  48. Yaudah ga ap2...tp gmpang tar aja lah ngurusin partisi BIOS HP nya..mending u backup dulu data2 yg pnting,pake MiniXP aja yg ada di hiren boot cd..pake fd brapa GB aja bsa yg ptg minimal 1GB..klo dah dipindahin smua, di miniXP jg kan ada partition Wizard..baru deh u susun yg bner tu partisi nya biar ga ada error di boot sector nya..
    stelah selesai, restart baru lu install windows nya..moga brhasil!

    ReplyDelete
  49. Garenk_
    Ok masbrow lanjut lagi nanya nya...
    ini gw udah pada tahap install windows dari FD, tapi ko ga mau lanjut nginstallnya y,
    disitu ada dua opsi : yang satu pilih upgrade dan yang satu lagi custom instal...
    gua pilih custom install tapi yang muncul adalah pesan " Setup was unable to create a new system partition or locate an existing system partition" apa harus salah satu drivenya dijadikan dulu Primarynya y?
    soalnya pas gw partisi ulang semua drive nya belum ada yang dijadiin primary...

    ReplyDelete
  50. o ya..
    bagi no hp donk, biar lebih cepat akses komunikasinya...
    thanks..

    ReplyDelete
  51. terima kasih sekali mas atas infonya...

    saya coba dulu ya

    ReplyDelete
  52. terimaksih infonya gaan,,,nie ane praktekin pke hp mini

    ReplyDelete
  53. gan q mau nanya, q punya hp mini 110-3500, ketika mau masuk windows langsung layar lcd nya gk display, ketika mau q instal ulang pake win 7 setelah proses loading file langsung gk display, tapi saat masuk ke safe mode gk ada masalah...kira2 yang eror apanya ya gan...mohon pencerahanya

    ReplyDelete
  54. gan, ane masih belum bisa
    drive uefi udah fix tp mo instal windows masih belum bisa

    ReplyDelete
  55. bos kalo cuma sampai tampilan "The HP BIOS application selected is corrupt or missing. Please install the application and try again. BIOS application error (501) ENTER - continue. For more information, please visit: www.hp.com/go/techcenter/startup.
    trus g bisa di apa2kan solusinya gmana??

    ReplyDelete
  56. Bos ane mau tanya ni... kasus HP MINI 110-3500 terlanjur aku format total dan file HP_tools.. hilang, so semua dari awal partisi (0), bagaimana cara menginstal ulangnya, saya coba prosedure yang disampaikan masih belum ketemu tentang prosedure membuat file HP_TOOLSnya

    ReplyDelete
  57. sip gan... emang klo ga dicoba ga akan tahu..

    HP mini 110-3500TU punya temenku udah normal lagi.
    mkasih gan.

    ReplyDelete
  58. Saya pakai HP mini 110-3505TU bios error 501, sudah ngikutin cara2 mas tapi windowsnya ga mo masuk..?? gimana dong mas, ane butuh bantuannya..thx

    ReplyDelete
  59. dapet kasus yang sama neeh..
    power on>> capslock led on>> Display ON>> (blackscreen, cursor left top screen, tapi ga blinking). ga bisa booting ga bisa tekan f10, or masuk bios. apanya ya??
    thanks b4.
    sampe saat ini si hp mini 210-1014 tu nya ga bisa di apa2in.
    bisa tolong bantu...
    "helping people to success, is pride n success to self"

    ReplyDelete
  60. Gan netbook ane juga gitu, tapi windowsnya lancar2 aja gan cuma BIOSnya missing, itu kenapa ya gan??

    ReplyDelete
  61. mas ikutan nimbrung<
    gw susah amat ceri key QUICKLOOK/QUICKWEB atau instan on, pada bios. gw udah pencet F10 saat booting, tapi ga ada option itu. HP gw Hp mini 110-3500, insyedH2O Rev. 3.5.
    ada bahasa lainnya, atau initial yg lain
    ditunggu comment nya, thanks sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo insyedH2O Rev. 3.5 misalnya ga bisa pke F10 brati pke F2, tar coba cari key "UEFI BOOT", ada di bawah tab SYSTEM CONFIGURATION..disable aja

      Delete
  62. mas, gw tekan F2 yang keluar hp pc hardware diagnostic uefi. ga ada PIIHAN SYSTEM CONFIGURATION. WAH pusing saya. please reply thx

    ReplyDelete
  63. cara copy file uefi nya gmn mass.???
    harddisk sya warna hitam bkn biru seperti flashdisk

    ReplyDelete
  64. gue juga nyariin QUICKLOOK/QUICKWEB gak ketmu2. dari f1 - F12 tak obok2 tetp gak ada gan. mohon bimbingannya gan..........

    ReplyDelete
  65. hp mini 110-3500 gw jg mengalami masalah yg sama [ klo dipencet f2 bios application error 501] tapi bisa masuk ke windows. itu cara ngatasinnya gimana ya? biar gak bios application error lg

    ReplyDelete
  66. bro mau tanya nih..hp ku mini ..masuk bios trus masuk diagnostic.. primary hd.. hasilnya replace hardrive(1).. apa itu artinya harus ganti harddisk atau masih bisa install ulang win7?? mohon bantuannya ya...(ARYA)

    ReplyDelete
  67. Assalamualaikum, tolongin gan. hp mini 110 ku pas dinyalain powernya nyala, tetapi layarnya hitam gak tampil gambar sama sekali. kira-kira apa penyebabnya. kejadinnya habis di format habis bis...

    ReplyDelete
  68. mas q pnya hp mini 110. pas dinyalain g muncul logo hp. trus tampilan cuma layar item ada strip putih dipojok kiri atas dan g bsa booting sma skali. kira2 apa yg brmslah y mas. pa mngkin bios atau yg lainya?

    ReplyDelete
  69. Pada saat melakukan instalasi dengan HDBC dan melakukan partisi, akan berpengaruh tidak dengan data yang ada pada hardisk ?? apa harus di back up terlebih datanya sebelum melakukan proses yang telah di jelaskan ?

    ReplyDelete
  70. mas. tolong mas jelaskan lgi yg di bagian ini
    "booting melalui flashdisk 4 gb untuk mengcopy file instalasi, setelah selesai di restart lagi dengan booting menggunakan HBCD. pilih menu Windows 7 [BOOTMGR] pada command prompt (layar hitam yang muncul) lalu lakukan instalasi seperti biasa. Mudah-mudahan bermanfaat, jika ada hal yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar."
    ane blm begitu paham di bagian itu. apa yg ahrus di copy ke flashdis 4 gb itu.
    terimakasih :)

    ReplyDelete
  71. dispaly hp mini ga keluar solusinya gmn ya gan??
    mohon pencerahannya, makasih..

    ReplyDelete
  72. gan.. HP mini ane malah apa 2 pesan eror secara gantian
    pertama pesan hardisk failure 301
    yg kedua error 501.
    Bisa dibantu gak?
    Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kayanya kabel sata/kabel power harddis nya lepas/kendor gan..coba cek lg..
      jgn lupa disable quicklook/quickweb

      Delete
  73. gan di system configuration yg ada cuma language, fan always on, action key mode ama boot option. quicklook/quickweb/instant on ga ada. gmn nih??? lepi ane hp mini 110-3500

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dalem boot option nya gan..

      Delete
    2. punya saya juga gak ada quicklook/quickweb/instant on, didalam boot option juga gak ada gan :-((

      Delete
  74. aku bingung caranya .. sulit dipahami... bisa bantu saya lagi ngga... untuk pembuatan partisinya yg HP_TOOLS itu???

    ReplyDelete
  75. gan
    apa yang dimaksud dibawah ini:
    the SMART hard disk check has detected an imminent failure. to ensure not data loss, please backup the content immediately and run the hard disk test in system diagnostics,
    hard disk 1 (301),
    f2 system diagnostics,
    enter - continue startup

    hard disk test failed test 1 (quick).... error: unkwnown failureerror : unknown failure

    minta solusinya... terima kasih

    ReplyDelete
  76. Ikut mampir y gan, sdah tak cba cra d atas nmun masih blum bisa instal windowsny bru mau boot windows pasti lgsung htam layarny, itu knpa y?

    ReplyDelete
  77. Ikut mampir y gan, sdah tak cba cra d atas nmun masih blum bisa instal windowsny bru mau boot windows pasti lgsung htam layarny, itu knpa y?

    ReplyDelete
  78. bro kalau muncul pesan "missing operating system" gi mana bro..
    hp mini 110-3500
    please.... help me

    ReplyDelete
  79. kalo smart error, harus ganti hardisk ga bro?

    ReplyDelete
  80. hp mini 110-3500 memang produk gagal semua masalah kerusakan di bios dan gak bisa masuk windows setelah boot,, punya temen" q ada 3 hp mini yang mengalami masalah yang sma

    ReplyDelete
  81. Masbro tlongi gw donggg

    Laptop hp 430 gw error gk mau dibuka lg windows-y...

    Saat di hidupkan akan muncul tulisan ini...
    "BOOTMGR is missing"
    'Press Ctrl+Alt+Del to restart"

    Saat gw coba preess..
    Maka akan kembali lg tulisan diatas
    Dan itu akan sprti itu truss..


    Apa yg mesti gw lakukan skrg..
    Krn sblum-y gw meng uninstall kan hard disk.partisi...

    Help me donggg

    ReplyDelete
  82. hp tools nya di copy bysa ato di burn di fd?

    ReplyDelete
  83. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  84. sorry oot gan. .

    ane mw nanya nih gan, kerusakannya di bios infonya bgini hard disk 1 (301), hard disk 1 (303). .
    laptop ane HP 431. .
    tolong solusinya gan??

    ReplyDelete
  85. SMART Hard disk Error

    The smart hard disk check has detected an imminent failure. to ensure not data loss, please backup the content immediately and run the hard disk test in diagnostics.

    ReplyDelete
  86. Mas saya kesulitan untuk booting melalui HBCD karena sewaktu menghidupkan netbook yang erorr booting HBCD nya tidak terbaca. Gimana caranya ? Mohon bantuannya mas.
    Makasih.

    ReplyDelete
  87. kal0 pnya saya ngx ad f10 ny gan..

    jadi ia ngx bisa masuk bios.
    kalo windows ny normal

    maslah ny cuma bios yang ngx ad solsinya gimn gan

    ReplyDelete
  88. mau tanya mas untuk notebook mini 110 3000 ketika tombol power di hidupkan tapi tidak langsung ke windows tapi masuk ke system information dan harus tekan tombol esc

    ReplyDelete
  89. ko punya saya gk ada quicklook/quickweb/instant on, didalam boot option nya,,

    ReplyDelete
  90. gan file UEFI nya hp 110 - 3500 sizenya memang 1,4 mb atau lebih, jangn 2 tuh virus gan.... haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya emang sgitu ukurannya, klo ga percaya ya ga usah donlot

      Delete
  91. dapet kasus yang sama neeh..
    power on>> capslock led on>> Display ON>> (blackscreen, cursor left top screen, tapi ga blinking). ga bisa booting ga bisa tekan f10, or masuk bios. apanya ya??
    thanks b4.
    sampe saat ini si hp mini 210-1014 tu nya ga bisa di apa2in.
    bisa tolong bantu...
    "helping people to success, is pride n success to self"

    ReplyDelete
  92. Agak pusing tutornya......butuh pendalaman lebih untuk newbie kyk ane....tp thanks krna d tutor ni hp mini aku yg biosnya corupt sekarang nrmal lg.

    ReplyDelete
  93. Terimakasih sob, sangat membantu sekali tutorialnya..

    ReplyDelete
  94. Nice Info Jangan Lupa Kunjung Blog Saya
    http://sewaprojectormurahsurabaya.blogspot.com/

    ReplyDelete
  95. makasih banyak gan,,,,100% work,,,,

    ReplyDelete
  96. mas bro itu harus pake dvd external?

    ReplyDelete
  97. Saya memiliki masalah yang persis sama dengan kasus pertama bios aplication error (501). Saya hidupkan netbook terus tekan f10 tapi tidak ada reaksi mas, masih masuk ke halaman errornya. Gimana itu ya? Thx

    ReplyDelete
  98. mas bro mau nanya donk,, saya punya masalah di netbook ngga bisa masuk ke windows, wktu dinyalain malah muncul pesan : Recovery Your PC/Device needs to be repaired
    A component of the repairing system has expired
    File :\windows\system32\winload.exe
    Error code: 0xc0000605
    Press Enter to try again
    Press F8 for startup setting

    tapi F8 sudah ditekan berulang kali ngga ada perubahan. Bagaimana solusinya yah ?

    ReplyDelete
  99. Gan Mau Tanya Nih Komputer Saya HEWLETT PACKARD
    Biosnya Windows 8 Ori ,Saya Mau Nurunkan ke windows XP !!Tapi Gk bisa Di install Windows Gan Cemana Setiting Bios Hewlett Packard Itu ?

    ReplyDelete
  100. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  101. Gan sy mau tanya, saya punya masalah instal Pc merek Hp. pertama kalau di hidupkan windaunya gak masuk, ketika saya instal pakai plesdis, ada tek ;error : no boot disk has been detected or the disk has filed" mohon bantuannya

    ReplyDelete
  102. Bang ariez mau tanya dong, ane pake HP mini 110-3500 bios inysdeH20 versi f.14, ane mau upgrade ram dari 1 Gb ke 2 Gb tp gak bisa udah pake berbagai merek ram tetep gak mau booting. Yg mau ane tanyain apakah upgrade ram harus update juga versi biosnya?? Ram bawaan netbooknya HP ane, samsung ddr3 1Gb-PC 10600. Mohon pencerahannya ya bang.

    ReplyDelete
  103. Brow gimana ngatasi laptop mati atau cuma hidup sampai logo... Gara" keReset semua??

    ReplyDelete
  104. Permisi ga, ane mo tanya bagaimana cara mengembalikan partisi uefi hp diagnostic tool yang kena delete, laptop ane hp 14-af118au 64 bit, terima kasih sebelumnya gan kalo agan mau bantu ane

    ReplyDelete
  105. Permisi ga, ane mo tanya bagaimana cara mengembalikan partisi uefi hp diagnostic tool yang kena delete, laptop ane hp 14-af118au 64 bit, terima kasih sebelumnya gan kalo agan mau bantu ane

    ReplyDelete
  106. Pagi gan...
    Mau tanya juga ne. Laptop ane hp elitebook 8440p. Pas ane hidupkan di layar tapil bacaan sperti artikel yg ente buat.. terus ane matikan laptopnya dengan menekan tombol power. Nah sekarang pas ane hidpin malah cuma lampu indikatornya yg nyala n laptop ane mati total.. apa yg harus ane lakukan gan?...

    ReplyDelete
  107. Mas hp saya probook 4430s logo hpnya berubah jd gambar rumah gimana cr gantinya gan

    ReplyDelete
  108. Gan,mau tnya ini problem gara2 kena amplikasi pc reamage terus layar jadi flat gak bisa normal,terus saya rubah tetap ja tampilan gak normal,udah saya up date driver tetap gak suport..

    ReplyDelete
  109. .bang mau nanya dikit... HArd disk sy bermasalah,, saat notebook dihidupkan ada gak bisa masuk ke windows, cuman ke menu bios aja,,... Caranya agar bisa masuk windows dmna gan,??? Selain instal ulang,...?? Trima kasih....

    ReplyDelete
  110. .bang mau nanya dikit... HArd disk sy bermasalah,, saat notebook dihidupkan ada gak bisa masuk ke windows, cuman ke menu bios aja,,... Caranya agar bisa masuk windows dmna gan,??? Selain instal ulang,...?? Trima kasih....

    ReplyDelete
  111. gan boleh nanya ini gan laptop hp saya waktu di idupin keluar peringatan 90B terus suruh liat www.hp.com/go/techcenter/startup itu gi mana ya gan

    ReplyDelete
  112. gan boleh nanya ini gan laptop hp saya waktu di idupin keluar peringatan 90B terus suruh liat www.hp.com/go/techcenter/startup itu gi mana ya gan

    ReplyDelete
  113. gan saya pernah ngalamin hal yang serupa pas laptop diidupin muncul" www.hp.com/go/techcenter/startup

    caranya masuk ke bios-system configuration - Legasy support - rubah dari disable menjadi enable - F10 -- tereeet laptop booting seperti semula.....

    ReplyDelete
  114. Tolong solusi... Hp 430 notebook pc ... Layar blank lampu power ,wifi,dan kipas menyala... Gara2 instsl bios ,tiba layar freeze atau hank terus saya mati kan paksa ,,,begitu saya hidup kan ulang... Layar blank ,lampu power,wifi dan kipas hidup ... Please bantuan nya

    ReplyDelete
  115. Assalamualaikum BG..
    Gue punya masalah pada hp elitebook 2570p ,, bermasalah pada diagnostics UEFI nya BG.,ket ket di tekan F2 kebalik lagi seperti semula BG..kira2 file atau data2 saya kerja hilang gak tu BG ya?
    Mohon balasan nya BG...
    Terima kasih ..

    ReplyDelete
  116. Bang kalo instal hp_tools tanpa harus instal ulang bisa gak ya

    ReplyDelete
  117. Mohon bantuannya laptop aku merk hp elitebook 2560p f2 sistem diagnoses hardisk tak terbaca .
    mohon petunjuk untuk mngaktifkn kembali. atas bantunya terimh kasih sebelumnya.

    ReplyDelete