Thursday, December 16, 2010

Cara Menginstall Windows dengan USB Flash Disk




Windows merupakan software Sistem Operasi (Operating System) yang dominan dipakai oleh user, karena fitur-fitur yang terbilang cukup lengkap dan mudah untuk dipakai (user friendly). Dalam melakukan proses instalasi pada komputer, umumnya software ini tersedia dalam bentuk CD / DVD. Oleh sebab itu, bagi komputer yang tidak memiliki CD/DVD Rom seperti Netbook harus melakukan proses instalasi dengan menggunakan External CD/DVD Rom. Berarti harus beli dulu donk??sedangkan harga CD/DVD-R tidak lah murah seperti kacang kulit..! Nah, oleh sebab itu kita dapat menyiasatinya dengan cara menginstall Windows dari USB Flash Drive. Bagaimana caranya???Yuuk mari…
Pertama :
Siapin bahan-bahan yang dibutuhkan (kaya buat kue aja ya??hehe..) yaitu :
  1. USB Flash Disk dengan size minimal 1 GB untuk Windows XP, dan 4GB untuk Windows Vista or 7
  2. CD/DVD Windows yang bootable (klo CD/DVD Windows yang asli pasti bisa booting, tapi klo palsu, ya gimana caranya lah biar bisa booting juga!!)
  3. WinToFlash.
Nah ini yang paling penting! Biar ga ribet, langsung saja saya beri link download WinToFlash nya di SINI

Kedua :
Extrack WinToFlash di komputer, lalu jalankan file .exe nya (WinToFlash.exe). pilih Windows Setup Transfer Wizard seperti gambar di bawah ini :
Setelah muncul jendela selanjutnya, Klik NEXT. Maka akan muncul tampilan seperti ini :
Windows file path merupakan drive CD/DVD Windows anda yang akan di transfer ke USB Flash Disk. Tentukan lokasinya dengan menekan SELECT. Dan tentukan juga Drive USB yang akan anda gunakan untuk menyimpan file Windows nya.

WARNING : Sebaiknya pastikan anda membackup semua file di flashdisk yang akan digunakan, karena sebelum proses transfer dimulai, flashdisk akan di format terlebih dahulu.

Pilih NEXT, dan jika ada konfirmasi bahwa Flash Disk anda akan di format, pilih YES. Tunggu hingga selesai.

Ketiga :
Tancapkan FlasDisk yang sudah ada file Windows tadi ke Netbook or Notebook yang akan di install. Sama seperti kita menginstall Windows dengan menggunakan CD/DVD, maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah setting BIOS. Untuk FIRST BOOT nya di ganti menjadi USB HDD, karena media yanga akan kita pakai adalah flashdisk. Tekan tombol F10, YES..lalu restart…

Untuk Windows XP, setelah restart muncul Opsi Booting (ada 2 opsi), pertama pilih opsi "1st, text mode setup (Boot from.…) lalu tekan tombol ENTER, maka akan masuk ke Setup Windows seperti menggunakan CD. Ikuti instruksi selanjutnya (semua pake bahasa inggris, jadi minimal anda harus ngerti maksud dari kalimat yang terpampang di monitor anda selama proses instalasi..). tunggu sampai proses pengcopian selesai dan komputer restart.
Setelah komputer restart, maka akan kembali mucul menu seperti tadi (ada 2 opsi), tapi kali ini pilih opsi yang ke dua yaitu "2nd, GUI mode setup. Continue setup + first start of Windows". Selanjutnya proses instalasi akan berjalan kembali, ikuti instruksi instalasi slanjutnya dan setelah restart, kembalikan lagi Menu First Boot pada BIOS menjadi harddisk. sekarang cabut flash disk, restart dan jalankan komputer seperti biasa. 

Sedangkan untuk Windows 7, setelah restart akan langsung menuju setup dengan mode GUI (tampilan gambar, bukan teks seperti WinXP). Ikuti saja langkah-langkah yang ada di mode setup tersebut sampai selesai.

Udah gitu aja kok, jemari arisscoot udah gempor nih ngetik terus..hehe

Yah selebihnya sama seperti anda menginstall Windows via CD/DVD Rom kok..Oke?Selamat mencoba, smoga tulisan ini bermanfaat!! Jika masih ada hal yang kurang, silahkan tinggalkan pesan pada kotak komentar di bawah ini.

6 comments:

  1. assaamu'alaikum.
    kak, kalau harddisk notebook nya rusak, bsa install+booting sperti biasa gk?

    ReplyDelete
  2. wa alaikum salam wr.wb.
    wah klo HDD nya yg rusak ya ga bisa nginstall dong! kan sebelum proses instalasi,file setup Windows nya dicopy dulu ke HDD..
    sbaiknya dicek dulu, rusak HDD nya krn rusak logic atau fisik??klo logic kan bisa diformat ulang, tp klo rusak fisik ya hrs ganti harddisk dulu

    ReplyDelete
  3. klo file masternya extensinya iso gmana bos?jd ga? ?
    Dipunya q ga jadi bos?apa harus master original?

    ReplyDelete
  4. kak mohon bantuannya,
    cara instal ulang lewat DVD-R yang udah di burn data Windows 7 lewat Drive D gimana ?
    terus nginstalnya lewat booting gak?
    mohon pencerahannya kak :)
    trim's

    ReplyDelete
  5. bingung ane cara nge ripare win 7, drive c ny pindah ke drive d ..
    tolong bantuannya

    ReplyDelete
  6. Thanks ilmu nya gan... sangat bermanfaat sekali. Sekarang tinggal praktek nya saja, mudah2an berhasil..

    ReplyDelete