Tuesday, April 5, 2011

Kenapa Tidak Bisa Print dan muncul pesan "SPOOLSV.EXE - Application Error" pada saat Start Up..??



SPOOLSV.EXE adalah salah satu executable file yang bertugas melakukan semua perintah kepada printer. Walaupun file ini tidak terlalu penting dalam menjalankan Windows, namun jika file ini rusak atau error, akan menyebabkan masalah yang akan membuat kepala anda mendidih karena dokumen yang sudah anda buat tidak bisa di print dan muncul tulisan "Spoolsv.exe - Application Error","The instruction at "0x77fcc2c0" referenced memory at "0x00000000".
Berbekal sedikit pengetahuan dari pengalaman yang pernah saya alami, kali ini saya akan memberikan tips seputar masalah diatas. Pada umumnya masalah ini terjadi karena banyaknya kesalahan / error pada file .SHD dan .SPL dalam direktori spool. File .SPL sendiri adalah file yang berisikan tentang perintah untuk mencetak dokumen/file, sedangkan .SHD merupakan file yang berisikan tentang informasi setting dari dokumen yang akan dicetak. Maka jika kedua jenis file tersebut error, printer tidak akan berjalan. Untuk mengatasi hal tersebut, coba anda lakukan hal seperti berikut:

1. Buka menu RUN atau Klik START->RUN, lalu ketik "services.msc" (tanpa tanda kutip) lalu Enter
2. Cari service yang bernama "PRINT SPOOLER", secara default file akan otomatis start pada saat Windows start up, maka service tersebut harus dihentikan dengan cara double klik pada  lalu anda klik "STOP".lalu OK.   Untuk Lebih jelasnya anda bisa melihat gambar di bawah ini :





3. Selanjutnya buka folder C:\Windows\System32\Spool\Printers, maka anda akan menemukan file .SHD dan .SPL. lalu hapus semua file tersebut. (Cara ini dapat dilakukan jika Langkah nomor 2 sudah selesai, karena jika hal tersebut tidak dilakukan...jangan harap anda bisa menghapus kedua file ini tanpa bantuan software tambahan seperti Unlocker)
4. Jika di dalam folder Printers tersebut ada folder TMP, hapus semua isinya. (klo ga ada ya ga apa2..)
5. Jalankan kembali "Print Spooler" dari Services Management Console seperti tadi, double klik lalu tekan Start.

Jika cara tersebut tidak manjur, ada baiknya anda melakukan restore terhadap sistem anda, yaitu mengembalikan setting komputer sebelum terjadi masalah tersebut. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment