Friday, October 29, 2010

Astronom Temukan Galaksi Berjarak ... 13 MILYAR Tahun Cahaya


Para astronom telah menemukan objek tertua dan paling jauh di alam semesta - galaksi yang begitu jauh yang cahayanya telah mengambil 13,1 miliar tahun untuk mencapai Bumi.

Galaksi, yang ditemukan oleh Very Large Telescope Eropa di Chile, adalah cluster yang paling terpencil di bintang-bintang, gas dan debu yang pernah diukur.

Hal ini begitu jauh, para ilmuwan mengamati ketika alam semesta dalam masa pertumbuhan - berusia hanya 600 juta tahun, atau empat persen dari usia saat ini.

Dr Nicole Nesvadba dari Institute of Space Astrofisika di Paris berkata: "Mengukur galaksi yang paling jauh sejauh ini sangat menarik dalam dirinya sendiri, tetapi implikasi astrofisika deteksi ini bahkan lebih penting. 
Ini gambar yang diambil oleh teleskop Hubble menunjukkan galaksi, bernama UDFy-38135539. Ini adalah samar titik putih dalam lingkaran merah di sebelah kiri gambar. Cahaya dari galaksi yang mencapai Bumi hari ini dipancarkan ketika kosmos hanya tahun 600million tua. Hal ini diambil tahun 13.1billion, bepergian di 186.000 mil per detik, untuk noda cahaya bayi tiba
"Ini adalah pertama kalinya kita tahu dengan pasti bahwa kita sedang melihat salah satu galaksi yang membersihkan kabut yang memenuhi alam semesta yang sangat awal."

Setiap kali para astronom menatap bintang-bintang jauh, mereka menoleh ke belakang dalam waktu.

Cahaya dari bintang-bintang terdekat hanya memerlukan beberapa tahun untuk mencapai Bumi. Namun cahaya dari galaksi jauh membutuhkan milyaran tahun untuk bepergian di seluruh alam semesta.

Galaksi, bernama UDFy -38135539, telah dinodai oleh teleskop ruang angkasa Hubble tahun lalu. Usia telah dikonfirmasi oleh Organisasi Eropa untuk Riset Astronomi di belahan bumi selatan Telescope Sangat Besar.

Belajar jauh galaksi jauh sulit. Pada saat cahaya dari jutaan bintang mereka mencapai Bumi, galaksi terlihat samar dan kecil. Dan sebagian besar ini cahaya redup jatuh dalam spektrum infra-merah karena panjang gelombang telah membentang oleh ekspansi alam semesta - suatu fenomena yang dikenal sebagai pergeseran merah.

Untuk menambah kesulitan, galaksi sedang diamati pada saat alam semesta tidak sepenuhnya transparan dan dipenuhi dengan kabut hidrogen.

Tim Eropa galaksi yang diamati selama 16 jam dan menganalisis hasil untuk dua bulan. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Nature.

Dr Matt Lehnert dari Observatorium Paris, mengatakan: 'Menggunakan ESO (European Southern Observatory) Very Large Telescope kita telah mengkonfirmasi galaksi melihat sebelumnya menggunakan Hubble adalah objek yang paling terpencil diidentifikasi sejauh ini di alam semesta.

'Kekuatan VLT memungkinkan kita untuk benar-benar mengukur jarak ke galaksi ini sangat samar dan kita menemukan yang kita lihat ketika alam semesta kurang dari 600 juta tahun. "
Sebuah kesan artis galaksi lahir segera setelah Big Bang. Seperti paleontologis yang menggali lebih dalam dan lebih dalam untuk menemukan tertua tetap, astronom mencoba melihat lebih jauh dan lebih lanjut untuk meneliti alam semesta yang sangat muda-dan akhirnya bintang-bintang pertama dan galaksi yang terbentuk

Co-penulis penelitian, Dr Mark Swinbank dari Durham University, mengatakan cahaya dari galaksi kuno tidak cukup kuat sendiri untuk menghapus kabut hidrogen.

'Harus ada galaksi lain, mungkin samar dan kurang sahabat dekatnya besar UDFy,-38135539 yang juga membantu membuat ruang di sekitar galaksi transparan, "katanya.

'Tanpa tambahan bantuan cahaya dari galaksi, tidak peduli seberapa cemerlang, akan terjebak dalam kabut hidrogen sekitarnya dan kita tidak akan mampu mendeteksi itu.

Alam semesta diciptakan dalam Big Bang sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu. Bintang dan galaksi mulai terbentuk sekitar 300 juta tahun kemudian. Matahari kita lahir sekitar lima miliar tahun yang lalu, sementara kehidupan pertama kali muncul di bumi sekitar 3,7 miliar tahun yang lalu.

Dr Swinbank berkata: "Dua tahun lalu astronot Hubble dilengkapi dengan kamera lebih kuat baru selama renovasi yang bisa mempelajari lebih dalam ke ruang angkasa.

"Mereka merilis data ke dalam komunitas ilmiah dan itu adalah bagaimana cahaya samar-38135539 UDFy pertama kali diidentifikasi. Tapi itu diperlukan konfirmasi dan kami lakukan ini setelah jam enam belas pengamatan.

'Ketika Anda menyelidiki "arkeologi bintang" Anda menemukan beberapa bintang pertama di Bima Sakti adalah 10 sampai 13 miliar tahun tua.

'Galaksi lain jauh dapat menunjukkan bagaimana Bima Sakti mulai - dan akhirnya menyebabkan kami. Matahari, misalnya, hanya lima miliar tahun dan kami ingin tahu bagaimana yang terbentuk. "

Tak lama setelah Big Bang alam semesta adalah tempat yang dingin dan buram dan era suram ini dijuluki 'Dark Ages'.
galaksi ini pertama kali diidentifikasi oleh Teleskop luar angkasa Hubble dan telah dikonfirmasi oleh para astronom di Observatorium Selatan Eropa di Chile (foto) dengan menggunakan ultra-sensitif Very Large Telescope (VLT)
Seratus beberapa juta tahun kemudian generasi pertama dari bintang-bintang dan galaksi yang dihasilkan radiasi ultraungu, secara bertahap mengangkat kabut hidrogen di alam semesta.

Ini adalah akhir Abad Kegelapan dan, dengan jangka waktu lagi diambil alih dari sejarah manusia, kadang-kadang disebut sebagai 'Renaissance Cosmic'.

Para astronom berusaha untuk dijabarkan kapan dan bagaimana sebenarnya Abad Kegelapan selesai. Hal ini membutuhkan mencari objek terpencil, sebuah tantangan yang hanya teleskop terbesar, dikombinasikan dengan strategi mengamati sangat hati-hati, bisa mengambil.

Salah satu hal yang mengejutkan tentang penemuan yang diuraikan dalam Alam adalah cahaya dari UDFy-38135539 tampaknya tidak cukup kuat sendiri untuk membersihkan kabut hidrogen.

Dr Swinbank berkata: "Harus ada galaksi lain, mungkin samar dan kurang sahabat dekatnya besar UDFy,-38135539 yang juga membantu membuat ruang di sekitar galaksi transparan.

'Tanpa tambahan bantuan cahaya dari galaksi, tidak peduli seberapa cemerlang, akan terjebak dalam kabut hidrogen sekitarnya dan kami tidak akan dapat mendeteksi itu. "





Source : http://www.duniakita.info/2010/10/astronom-temukan-galaksi-berjarak-13.html

No comments:

Post a Comment