Saturday, April 2, 2011

Resize Foto Resolusi Tinggi


Penting banget nih, khususnya buat yang suka futu-futu pake kamera. Pada umumnya hasil jepretan foto dari kamera mempunyai kualitas yang bagus karena memiliki resolusi yang besar. Tapi hal ini juga yang menyebabkan size foto menjadi besar pula, sehingga menyulitkan kita jika ingin mengupload ke web seperti blog, facebook, twitter dan lain sebagainya. Alternatif lain yang sering dipakai mungkin mengecilkan resolusi gambar/foto dengan software editor seperti Adobe Photoshop atau ACDSee agar size foto menjadi kecil, namun sayangnya kualitas foto pun akan menjadi kurang memuaskan karena akan lebih buram dari foto aslinya.
Jadi bagaimana solusinya agar resolusi gambar/foto tetap besar namun size-nya (ukuran file) diperkecil??
Yappp..anda gunakan saja PAINT, yang merupakan program bawaan Windows.
Berikut caranya :
  1. Buka Paint dengan Klik menu START -> ALL Programs -> Accessories -> Paint
  2. Setelah itu Buka Menu File -> Open pada program tersebut.
  3. Cari file yang ingin di resize, lalu klik "OPEN"
  4. Jangan dimodifikasi lagi, Klik menu File -> Save As....
  5. Sebelum menekan tombol "SAVE", pastikan File Type nya adalah JPEG seperti preview di bawah ini:


Selesai, sekarang anda bisa membandingkan ukuran file foto anda sebelum dan setelah di resize dengan cara Klik kanan pada file foto, pilih Properties. maka akan tampil seperti gambar di bawah ini :

Sebelum diresize :

Seteleah di resize, ukuran foto turun drastis dari 2,31 MB menjadi hanya 288 KB, tanpa mengurangi kualitas aslinya. (^_^)


Oke, sekian dulu tips kali ini, semoga bermanfaat.....!!!


19 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Although the post is small It is great to come across a blog like this.
    123.hp.com/ojpro8035

    ReplyDelete
  4. If you need to use any type of model of HP printer for your printing needs, you can set up your suggested model number of HP printer using printer setup . This website assists you to set up the suggested model number of your HP printer in the suitable ways. First of all, you want to open this link in your suggested browser and download the application step by step. After that, you want to perform shown steps in the direct ways. If you get jammed in the procedure, you can take the good technician from an online technical specialist.

    ReplyDelete